Tangga Nada Whole Tone ( Scale )

 Tangga Nada Whole Tone ( Scale )

Dalam musik, Whole Tone Scale adalah skala di mana setiap nada dipisahkan dari tetangganya dengan interval nada utuh ( 1 ) . Dalam temperamen dua belas nada yang sama, hanya ada dua Whole Tone Scale yang saling melengkapi, baik tangga nada enam nada atau heksatonik. Whole Tone Scale adalah salah satu dari enam tangga nada heksatonik – yaitu tangga nada musik dengan enam nada per oktaf.

 

Whole Tone Scale persis seperti Namanya – ini adalah tangga nada yang dibuat secara eksklusif dari nada utuh. Ini hanya terdiri dari enam not (karena yang ketujuh akan menjadi akar dua kali lipat dalam oktaf yang lebih tinggi).Ini adalah skala simetris dengan satu interval – berjarak satu nada– di antara setiap nada.

 

Whole Tone Scale tidak memiliki nada terdepan dan karena semua nada memiliki jarak yang sama, "tidak ada satu nada pun yang menonjol, [tangga nada menciptakan efek buram dan tidak jelas".

 

Ada berapa Whole Tone Scale?

 

Tidak seperti banyak tangga nada yang berpusat di sekitar tanda kunci, sebenarnya hanya ada dua Whole Tone Scale Ini karena setiap not dipisahkan oleh interval satu langkah penuh. Tidak seperti tangga nada mayor dan minor standar Anda, tangga nada ini tidak memiliki interval seminada.

 

            Whole Tone Scale C (C, D, E, F/G, G/A, A/B)

 

            Whole Tone Scale Db (C/D, D/E, F, G, A, B)

 

Efek ini secara khusus ditekankan oleh fakta bahwa triad yang dibangun di atas nada skala seperti itu semuanya adalah triad yang ditambah. Memang, keenam nada dari Whole Tone Scale dapat dimainkan hanya dengan dua triad tambahan yang akarnya terpisah satu detik besar. Karena simetris, tangga nada nada utuh tidak memberikan kesan tonik atau tonalitas yang kuat.

Hanya dua triad yang mungkin, keduanya ditambah, dan... semua inversi terdengar sama. Semua 'progresi' cenderung memiliki karakter tonal yang sama. Apa yang didengar adalah pusat nada daripada tonik, dan hanya ketika ditekankan [ditekankan], seperti pengulangan atau durasi. Tidak dapat disangkal bahwa sejumlah kecil interval yang mungkin berbeda [hanya interval seminada genap: 2, 4, 6, 8, 10] dan akor yang tidak ada padanan yang tersedia dalam Whole Tone Scale menghasilkan jenis suara lembut dan netral yang kurang. dalam kontras tonal.... Sejak tahun 1930-an...harmoni Whole Tone Scale...telah menjadi salah satu basa-basi dari "Gaya Hollywood".

Komposer Olivier Messiaen menyebut Whole Tone Scale sebagai mode transposisi terbatas pertamanya. Komposer dan ahli teori musik George Perle menyebut siklus interval Whole Tone Scale 2, atau C2. Karena hanya ada dua kemungkinan posisi Whole Tone Scale (yaitu, Whole Tone Scale hanya dapat ditransposisi sekali), itu adalah C20 atau C21. Untuk alasan ini, Whole Tone Scale juga rata secara maksimal dan dapat dianggap sebagai kumpulan yang dihasilkan.

Karena kesimetrisan ini, hexachord yang terdiri dari Whole Tone Scale tidak berbeda di bawah inversi atau lebih dari satu transposisi. Jadi banyak komposer telah menggunakan salah satu hexachord "nada hampir utuh", yang "perbedaan struktural individualnya dapat dilihat hanya sebagai hasil dari perbedaan dalam 'lokasi', atau penempatan, dari seminada dalam rangkaian Whole Tone Scale. Akor mistik Alexander Scriabin adalah contoh utama, Whole Tone Scale  dengan satu nada dinaikkan menjadi seminada; perubahan ini memungkinkan variasi sumber daya yang lebih besar melalui transposisi.

Whole Tone Scale Untuk menjadi baik dalam improvisasi jazz yang indah, Anda harus mempelajari tangga nada. Satu tangga nada yang jarang ada dalam musik tetapi termasuk dalam kemampuan setiap musisi jazz yang serius adalah tangga nada Whole Tone.

Whole Tone Scale memiliki suara yang dapat dikenali dengan jelas. Ambigu dan mimpi, sangat cocok untuk menambah ketegangan dalam komposisi dan merupakan bagian penting dari gaya improvisasi banyak musisi jazz.

Pada dasarnya, jika Anda ingin menonjol dari kerumunan sesama musisi jazz, tangga nada ini penting untuk ditambahkan ke keahlian musik Anda. Untungnya, tidak sulit untuk belajar.

 

Sejarah Whole Tone Scale

 Contoh pertama yang diketahui dari Whole Tone Scale dalam komposisi adalah Johann Rudolf's Ahle pada tahun 1662. Sejak saat itu, telah digunakan secara teratur dalam musik klasik dan genre kontemporer. Namun, Whole Tone Scale ini jarang digunakan daripada tangga nada lainnya, seperti tangga nada pentatonik, tangga nada minor melodi, dan tangga nada Diminisheh misalnya.

Meskipun skala ini ada dalam berbagai genre musik (lihat Debussy di dunia klasik dan Robert Fripp dari King Crimson di dunia rock), Whole Tone Scale ini paling sering digunakan dalam jazz.

Hampir setiap solo yang dimainkan Thelonious Monk, misalnya, berisi beberapa Whole Tone Scale.

 

Menggunakan Whole Tone Scale dalam improvisasi Anda

Dapat dikenali tetapi jarang, Whole Tone Scale.adalah Scale yang dapat digunakan untuk berimprovisasi, terutama jika Anda menemukan diri Anda dalam kebiasaan memiliki kreatifitas dalam bermusik.

Anda dapat memulai tangga nada pada nada apa pun dari Whole Tone Scale. C (C D E F# G# A#) dan akhirnya memainkan nada yang sama. Hal yang sama berlaku untuk mitra Db-nya. Mulailah dengan nada apa pun dari Whole Tone Scale.Db (C/D, D/E, F, G, A, B) dan Anda akan memainkan nada yang sama.

 

Karena semua not memiliki jarak yang sama satu sama lain secara harmonis, setiap triad yang dibangun pada tangga nada akan menjadi triad yang diperbesar.

 

Dalam hal improvisasi, seluruh skala nada dapat diterapkan dengan baik pada akord ke-7 yang dominan.

 

Karena progresi blues dua belas bar standar dibuat secara eksklusif dari akord dominan, latihan improvisasi yang baik untuk berlatih adalah bermain-main dengan tangga nada pada lagu blues favorit Anda.

 

Beberapa contoh Lagu terkenal

Bisa dibilang, contoh paling terkenal dari Whole Tone Scale dalam jazz adalah You Are the Sunshine of My Life oleh Stevie Wonder. Untungnya, dia tidak membuat Anda menunggu lama untuk mendengarnya karena muncul di beberapa detik pertama pengenalan lagu.

 

Contoh bagus lainnya yang digunakan dalam jazz yang lebih lurus adalah:

Thelonius Monk’s Don’t Blame Me

In A Mist by Bix Beiderbeck

Our Man Higgins by Lee Morgan

Wayne Shorter’s Juju (from his classic post-bop album of the same name)

 

Dengan latihan baik, kita dapat belajar memahami pengunaan Whole Tone Scale ke dalam musik dan gaya improvisasi Anda.